Semoga Bisa Membantu Anda Semua

Translate

Kamis, 02 Desember 2010

coral bleaching (pemutihan karang)

coral bleaching atau dalam bahasa indonesianya pemutihan karang adalah perubahan warna pada jaringan karang dari warna alaminya yang kecoklat-coklatan atau kehijau-hijauan menjadi warna putih pucat,. Pemutihan karang dapat mengakibatkan kematian pada karang. , disebabkan karena stres akibat pengusiran atau kematian protozoa simbiotik mereka, zooxanthellae, atau karena hilangnya pigmentasi dalam protozoa. karang yang membentuk struktur ekosistem terumbu besar laut tropis bergantung pada hubungan simbiosis dengan protozoa uniseluler, disebut zooxanthellae, yang berfotosintesis dan tinggal dalam jaringan mereka. Zooxanthellae memberikan karang pewarnaan, dengan warna tertentu tergantung pada clade tertentu. ketika stres, karang dapat mengusir zooxanthellae mereka, yang menuju kearah yang lebih terang atau benar-benar putih penampilannya, disebut dengna istilah pemutihan. 

                                                    letak zooxhantella pada polip karang


Setelah pemutihan dimulai, ia cenderung terus terjadi bahkan tanpa stres. Jika koloni karang bertahan dari periode stres, zooxanthellae sering memerlukan minggu untuk bulan untuk kembali ke kepadatan normal. Penduduk baru dapat dari spesies yang berbeda. Beberapa jenis karang Zooxanthellae dan lebih tahan untuk stres dibandingkan spesies lainnya.

Pemutihan terjadi ketika kondisi yang diperlukan untuk mempertahankan zooxanthellae karang tidak dapat dipertahankan. Setiap pemicu lingkungan yang mempengaruhi kemampuan karang untuk memasok zooxanthellae dengan nutrisi untuk fotosintesis (karbon dioksida, amonium) akan mengakibatkan pengusiran zooxanthellae itu. Proses ini adalah "downward spiral", dimana kegagalan karang untuk mencegah pembagian zooxanthellae mengarah ke jumlah yang selalu lebih besar dari karbon fotosintesis-diturunkan menjadi dialihkan ke ganggang daripada karang. Hal ini membuat keseimbangan energi yang dibutuhkan untuk karang untuk terus mempertahankan ganggang yang lebih rapuh, dan karenanya karang kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kontrol parasit pada zooxanthellae tersebut.

beberapa faktornya adalah:
- perubahan suhu, Karang dapat hidup dalam batas toleransi suhu berkisar dari 20 sampai 30 derajat selsius. Karang cenderung memutih apabila suhu meningkat tajam dalam waktu yang singkat atau suhu meningkat perlahanlahan dalam jangka waktu yang panjang.
- adanya air tawar
- keasaman lautan
- sedimentasi
- infeksi bakteri; seperti yang terjadi di laut mediterania
- adanya predator; achantaster. di great barrier reef sempat terjadi blooming achantaster. biota laut ini penanganannya harus hati-hati karena memeiliki racun. dan apabila tubuhnya terpotong, maka potongan tubuhnya tersebut dapat tumbuh menjadi achantaster yang baru. penanggulanngannya yakni harus dibawah ke darat dengan utuh, baru kemudian dibunuh di darat.

contoh-contoh pemutihan pada karang:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar